Reading:
Monitoring Kinerja kala WFH

Monitoring Kinerja kala WFH

June 2, 2020

Pendemi kali ini memang merubah banyak tatanan dalam kehidupan. Dalam dunia bisnis yang paling terlihat adalah perubahan pada sistem kerja dimana WFH menjadi sebuah kebutuhan. Keadaan sekali lagi memaksa transisi ke WFH harus dilakukan dengan cepat. Ketika tim kerja tidak lagi saling bertatap muka seperti di kantor muncul beberapa kekhawatiran, bagaimana memonitor mereka supaya tetap produktif selama WFH ?

Saat ini sudah banyak perangkat teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk proses monitoring tersebut, seperti live vidieo, keyboard tracking, location tracking dll. Namun perlu disadari sedari awal bahwa monitoring secara berlebihan juga akan mengikis kepercayaan, hal tersebut justru akan menurunkan produktivitas yang diidamkan. Kira-kira bagaimana sebaiknya melakukan monitoring pada tim kerja secara bijak selama WFH ?

  1. Tentukan di awal metrik apa yang perlu dimonitor
    Tidak semua hal harus dimonitor secara langsung, tetapkan prioritas berdasarkan kebutuhan organisasi dan jangan lupa libatkan semua pemangku kepentingan.
  2. Terbuka pada tim kerja
    Cara menghormati mereka adalah dengan secara terbuka menyampaikan apa saja yang akan dimonitor beserta alasannya. Dan jangan lupa untuk selalu memberikan feedack pada kinerja mereka secara berkala.
  3. Berikan reinforcement
    Ketika mereka tidak sesuai target berikan sebuah punishment yang disepakati bersama di awal dan sebaliknya, ketika target terlampaui jangan lupa memberikan reward.
  4. Kurangi monitoring secara impulsif
    Penghargaan privasi adalah sebuah kebutuhan, sebaiknya tentukan kapan saja waktu mereka akan dimonitor. Jangan sampai mereka justru merasa risih, karena justru WFH membuat mereka seakan tidak lagi memiliki waktu privasi.
  5. Terima kenyataan
    Sadari dari awal bahwa kondisi seperti ini akan membuat produktifitas tim kerja tidak semaksimal biasanya. Yang perlu dilakukan adalah menjaga supaya penurunan kinerja tidak melewati batas yang akan merugikan organisasi. (Lw)


0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

November 17, 2020

Menjadi berani

Iphone terbaru baru saja diluncurkan, dan seperti biasa banyak orang rela mengantri untuk mendapatkan gadget canggih tersebut. Apple dengan berbagai produk inovatifnya sampai kini masih begitu lekat dengan sosok Steve Job, meski sang pendiri sudah lama tiada

by
June 5, 2020

Kualitas Pribadi yang Didamba Organisasi (2)

Menurut teori locus of control (loc) manusia dibedakan menjadi dua, eksternal loc dan internal loc. Jika kamu merasa segala permasalahan hidup akibat sistem yang bermasalah, orang-orang sekitar yang berusaha menjegal dari belakang, norma masyarakat yang tidak jalan

June 4, 2020

Kualitas Pribadi yang Didamba Organisasi (1)

Sering ditemui, dimana seorang jebolan perusahaan tertentu begitu mudah mendapatkan pekerjaan di tempat lain. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sudah mendapat tawaran ketika masih menduduki posisi di tempat lama, alias di bajak. Dalam kasus lain, ada karyawan yang akan tetap dipertahankan perusahaan meski bisnis sedang tidak bagus.

Arrow-up