Reading:
Kualitas Pribadi yang Didamba Organisasi (1)

Kualitas Pribadi yang Didamba Organisasi (1)

June 4, 2020

Sering ditemui, dimana seorang jebolan perusahaan tertentu begitu mudah mendapatkan pekerjaan di tempat lain. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sudah mendapat tawaran ketika masih menduduki posisi di tempat lama, alias di bajak. Dalam kasus lain, ada karyawan yang akan tetap dipertahankan perusahaan meski bisnis sedang tidak bagus. Di sisi lain, banyak pencari kerja yang susah sekali mendapatkan panggilan kerja atau karyawan yang sudah menjadi incaran tim HRD untuk didepak dari perusahaan.

Mereka yang mudah sekali mendapat pekerjaan dan mereka yang akan dipertahankan perusahaan adalah individu yang memiliki kesamaan kualitas pribadi. Menurut John C. Maxwell dalam bukunya The 17 Essential Qualities of A Team Player, ada kualitas pribadi tertentu yang harus dimiliki individu supaya didamba organisasi.

  1. Mampu beradaptasi
    Ini adalah kualitas utama yang harus dimiliki, seperti teori evolusi, mereka yang mampu bertahan adalah yang mampu beradaptasi. Seorang pimpinan tentu lebih menyukai anggota tim yang fleksibel daripada mereka yang kaku, fleksibilitas adalah kunci dalam menghadapi permasalahan di berbagai situasi.
  2. Berkomitmen
    Individu biasa-biasa saja namun berkomitmen lebih mampu membawa pengaruh di dalam tim kerja. Komitmen adalah kualitas karakter yang memampukan individu meraih tujuan. Organisasi menyukai pribadi ini karena umumnya mereka tidak akan mudah menyerah.
  3. Kompeten
    Individu kompeten adalah dambaan tiap organisasi, lewat tangan merekalah kemajuan dapat diraih. Meraka adalah individu-individu yang sangat memperhatikan detail dan tidak pernah puas dengan yang biasa-biasa saja. Hal ini yang membuat mereka akan selalu dipertahankan organisasi.
  4. Disiplin
    Disiplin adalah melakukan sesuatu yang mungkin saja tidak ingin dilakukan, tapi tetap dikerjakan demi sebuah tujuan. Jika potensi adalah besi, maka disiplin adalah api yang bisa membuatnya menjadi berbagai macam senjata. Karyawan yang disiplin lebih produktif, ini tentu sangat menguntungkan organisasi.

Kualitas pribadi bisa terbentuk secara tidak sadar oleh lingkungan kerja, biasanya ini terjadi pada mereka yang bekerja di perusahaan yang memiliki budaya organisasi bagus. Namun bukan tidak mungkin kualitas tersebut dikembangkan sendiri dengan membiasakan pada kehidupan sehari-hari. (Lw)



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

November 30, 2020

Supaya Tetap Fokus Bekerja

Apa kebiasaan kita di awal hari? Apakah mulai dari bangun, kemudian mencari gadget untuk mengecek email, scrolling-scrolling media sosial, dan tanpa terasa sudah menghabiskan waktu lebih dari 30 menit atau lebih untuk hal itu.

by
June 2, 2020

Monitoring Kinerja kala WFH

Pendemi kali ini memang merubah banyak tatanan dalam kehidupan. Dalam dunia bisnis yang paling terlihat adalah perubahan pada sistem kerja dimana WFH menjadi sebuah kebutuhan.

July 5, 2020

Bergerak dengan Tujuan

Mendaki gunung itu melelahkan, semua setuju ya. Tapi mengapa semakin ke sini jumlah pendaki semakin menjadi? Bahkan tidak sedikit kelompok pecinta alam yang terobsesi memberangkan anggotanya mencapai 7 puncak tertinggi dunia.

Arrow-up