Reading:
Kredibilitas adalah Kunci

Kredibilitas adalah Kunci

June 7, 2020

Pernahkah kalian merasakan susah sekali mendapat kepercayaan? Emm, atau di posisi tertentu rasanya kurang dianggap gitu. Kalau pernah atau sedang merasakan hal tersebut, ayo memulai untuk memperbaiki. Mulai dari mana? Kita mulai dari membangun kredibilitas.

Hal paling sederhana dari kredibilitas adalah ‘ walk the talk ‘, menjalankan apa yang sudah dikatakan. Bisa jadi ketidakpercayaan lingkungan karena kemarin-kemarin kita terlalu banyak bicara tapi kurang aksi nyata, dalam bahasa Jawa disebut ‘ lamis ‘. Jadi pertama, lakukan hal-hal kecil yang pernah kita omonngkan di depan rekan-rekan kerja. Kalau janji A lakukan A, semampu kita. Seseorang akan memperoleh kredibilitas apabila mampu menepati janji-janji.

Setelahnya, cobalah untuk lebih banyak mendengarkan. Jangan-jangan alasan lingkungan mengacuhkan karena kita kurang mendengar aspirasi mereka. Orang tahu kalau mereka dihormati apabila mereka didengarkan. Jadi, dengarkan orang-orang di sekitar dengan penuh empati.

Bila posisi kalian sebagai pemimpin, coba libatkan bawahan dalam membuat sebuah keputusan. Pilih dan pilah hal-hal yang bisa diputuskan bersama, tidak harus semua keputusan melibatkan mereka lho ya.

Jadilah yang pertama, memberi teladan. Kalau memiliki satu gagasan, coba lakukan terlebih dahulu. Mengajak dengan memberi contoh lebih mudah daripada sekedar lewat kata-kata.

Jangan malu mengakui ketika melakukan kesalahan. Alih-alih menutupi, lebih baik secara jujur mengakui ketika kita salah, baik itu ke atasan atau ke bawahan. Mungkin akan mendapat sedikit cercaan atau evaluasi, tapi itu hanya akan terjadi seketika. Beda kalau menutupi, ketika ketahuan selamanya akan susah mendapatkan kepercayaan.

Yang terakhir, jangan pernah putus asa. Jaga harapan tetap hidup, bahkan dalam kondisi-kondisi tersulit. Tidak harus menjadi kharismatik untuk dihormati, cukup terus menjadi orang yang optimis saja. Optimisme merupakan hal yang esensial dalam membangun kredibilitas. (Lw)

Disarikan dari buku Credibility (Kouzes & Posner, 1997).



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

August 24, 2020

Aspek penting dalam membangun budaya organisasi

Saat ini pemimpin bisnis semakin menyadari pentingnya menjaga budaya organisasi. Budaya secara fisik tidak nampak namun bisa dirasakan oleh setiap orang yang ada di dalam perusahaan. Nyaman tidaknya karyawan sangat bergantung pada budaya yang telah terbentuk.

June 9, 2020

Budaya Organisasi

Ada perusahaan yang mampu mencapai usia puluhan tahun, bahkan beberapa sudah hampir mendekati 100 tahun. Namun di sisi lain, banyak sekali perusahaan yang belum mencapai usia lima tahun sudah bubar.

August 17, 2020

Mendorong Karyawan Terlibat Membentuk Budaya Organisasi

Penting bagi perusahaan untuk mendorong karyawan terus produktif, salah satunya dengan membuat mereka selalu terhubung dengan budaya organisasi. Karyawan akan lebih merasa terikat dengan budaya organisasi ketika mereka turut terlibat dalam pembentukan budaya yang ada

Arrow-up