Reading:
Budaya Organisasi

Budaya Organisasi

June 9, 2020

Ada perusahaan yang mampu mencapai usia puluhan tahun, bahkan beberapa sudah hampir mendekati 100 tahun. Namun di sisi lain, banyak sekali perusahaan yang belum mencapai usia lima tahun sudah bubar. Faktor apa yang membuat sebuah perusahaan mampu bertahan melintasi zaman dengan segala dinamika ekonomi yang terjadi?

Salah satu jawabannya adalah budaya organisasi. Apa itu budaya organisasi? Sederhananya, budaya organisasi adalah asumsi dasar yang melandasi setiap individu di dalam organisasi zuntuk mengatasi permasalahan yang ada. Wujudnya bisa berupa nilai dan norma, yang disadari atau tidak, mengarahkan perilaku organisasi.

Menurut Smircich (1983), terdapat empat fungsi budaya organisasi:

  1. Identitas organisasi
  2. Memfasilitasi komitmen kolektif
  3. Meningkatkan stabilitas sistem
  4. Membentuk perilaku

Semakin kokoh budaya organisasi dalam perusahaan, semakin efektif perusahaan tersebut. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Koontz (1991), ternyata kegagalan organisasi lebih sering disebabkan oleh permasalahan internal yang tidak mampu diselesaikan.

Budaya organisasi sangat menentukan komitmen karyawan, perusahaan yang kuat budaya organisasinya lebih rendah tingkat turn over-nya. Alasannya, budaya organisasi menentukan arah organisasi, bagaimana mengelola sumber daya internal untuk memenangkan peluang bisnis. (Lw)

Smircich, Linda. 1983. Concept of culture and organizational analysis. Administration science quarterly. 28, 339-358.



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

August 17, 2020

Menjaga Budaya Organisasi = Menjaga Citra Perusahaan

Beberapa tahun belakangan budaya organisasi menjadi salah satu hal yang lebih diperhatikan oleh pelaku industri organisasi dibanding beberapa dekade sebelumya. Bahkan beberapa perusahaan sudah ada departemen khusus yang mengurusi budaya organisasi.

August 24, 2020

Aspek penting dalam membangun budaya organisasi

Saat ini pemimpin bisnis semakin menyadari pentingnya menjaga budaya organisasi. Budaya secara fisik tidak nampak namun bisa dirasakan oleh setiap orang yang ada di dalam perusahaan. Nyaman tidaknya karyawan sangat bergantung pada budaya yang telah terbentuk.

June 7, 2020

Kredibilitas adalah Kunci

Pernahkah kalian merasakan susah sekali mendapat kepercayaan? Emm, atau di posisi tertentu rasanya kurang dianggap gitu. Kalau pernah atau sedang merasakan hal tersebut, ayo memulai untuk memperbaiki. Mulai dari mana?

Arrow-up