Reading:
Budaya Organisasi

Budaya Organisasi

June 9, 2020

Ada perusahaan yang mampu mencapai usia puluhan tahun, bahkan beberapa sudah hampir mendekati 100 tahun. Namun di sisi lain, banyak sekali perusahaan yang belum mencapai usia lima tahun sudah bubar. Faktor apa yang membuat sebuah perusahaan mampu bertahan melintasi zaman dengan segala dinamika ekonomi yang terjadi?

Salah satu jawabannya adalah budaya organisasi. Apa itu budaya organisasi? Sederhananya, budaya organisasi adalah asumsi dasar yang melandasi setiap individu di dalam organisasi zuntuk mengatasi permasalahan yang ada. Wujudnya bisa berupa nilai dan norma, yang disadari atau tidak, mengarahkan perilaku organisasi.

Menurut Smircich (1983), terdapat empat fungsi budaya organisasi:

  1. Identitas organisasi
  2. Memfasilitasi komitmen kolektif
  3. Meningkatkan stabilitas sistem
  4. Membentuk perilaku

Semakin kokoh budaya organisasi dalam perusahaan, semakin efektif perusahaan tersebut. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Koontz (1991), ternyata kegagalan organisasi lebih sering disebabkan oleh permasalahan internal yang tidak mampu diselesaikan.

Budaya organisasi sangat menentukan komitmen karyawan, perusahaan yang kuat budaya organisasinya lebih rendah tingkat turn over-nya. Alasannya, budaya organisasi menentukan arah organisasi, bagaimana mengelola sumber daya internal untuk memenangkan peluang bisnis. (Lw)

Smircich, Linda. 1983. Concept of culture and organizational analysis. Administration science quarterly. 28, 339-358.



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

July 26, 2020

Budaya yang Mengembangkan

Setiap perintis organisasi berkeinginan supaya organisasinya memiliki reputasi baik, sehingga banyak orang tertarik untuk meniti karir dan mengembangkan diri di dalamnya.

August 5, 2020

Membangun budaya kerja positif pada tim yang bekerja jarak jauh

Bekerja jarak jauh adalah keniscayaan untuk dihindari di masa pendemi seperti ini. Ada beberapa tantangan yang perlu diantisipasi ketika bekerja dilakukan secara jarak jauh (remote)

August 24, 2020

Menjaga budaya organisasi tetap lestari

Menjadi pertanyaan menarik, apakah kira-kira pendemi akan mempengaruhi budaya di banyak perusahaan. Setelah berbulan-bulan bekerja dari rumah apakah semangat kerja para karyawan menurun atau tetap bertahan seperti sebelumnya.

Arrow-up