Reading:
Giant Leap Organization

Giant Leap Organization

June 10, 2020

Setiap perusahaan dibangun dengan satu cita-cita, menjadi besar dan berkelanjutan. Meski begitu tidak banyak yang mampu mewujudkan mimpi luhur tersebut. Ada banyak hal yang menjadi penentu memang, seperti strategi bisnis, struktur, tools manajemen, sistem, dan SDM.

Namun, tahukah kalian bahwa dari semua yang disebut di atas, faktor manusia adalah yang paling penting. SDM adalah penggerak utama pertumbuhan sebuah perusahaan, manusia adalah penentu sebuah perusahaan mampu bertahan dalam menghadapi perubahan zaman.

Oleh karenanya, organisasi/ perusahaan yang ingin membuat lompatan besar (giant leap organization) sebaiknya dikelola dengan prinsip berpusat pada kekuatan SDM. Berikut bentuk penerapannya:

  1. Menciptakan kepemimpinan kolektif
    Lompatan besar bisa dicapai dengan prinsip delegasi tanggung jawab, dengan menciptakan banyak pemimpin di level menengah dan bawah. Tugas pemimpin puncak seperti seorang konduktor, membentuk orkestra yang harmonis.
  2. Membangun budaya yang kokoh
    Budaya yang kuat adalah landasan pertumbuhan perusahaan. Budaya tersebut menjadi landasan setiap karyawan dalam menjalankan tanggung jawabnya.
  3. Menciptakan sinergi
    Perusahaan perlu menciptakan super team, tidak sekedar super man untuk mencapai lompatan besar. Sinergi adalah esensinya, dimana anggota dalam tim didorong untuk menciptakan output lebih besar daripada ketika bekerja secara individu.
  4. Fokus eksekusi
    Eksekusi satu level di atas perencanaan. Oleh karenanya penting untuk secara konsisten membangun kebiasaan pada karyawan untuk selalu mengutamakan eksekusi pada keseharian kerja.
  5. Menanamkan winning spirit
    Level pemimpin didorong untuk menjadi teladan dalam menerapkan winning spirit dalam setiap harinya. Supaya setiap karyawan terpacu untuk mengaktualisasikan semangat tersebut di lapangan.
  6. Membangun empati
    Karyawan tidak hanya dituntut untuk mencapai setiap target saja, namun perusahaan baiknya juga memberikan empati, dengan membantu mereka menemukan makna hidup dalam bekerja. Salah satu caranya dengan menjaga keseimbangan karyawan pada peran keluarga, profesional, sosial dan spiritual. (Lw)

Disarikan dari:
Making the Giant Leap (Atmadja, 2010)



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

August 5, 2020

Membangun budaya kerja positif pada tim yang bekerja jarak jauh

Bekerja jarak jauh adalah keniscayaan untuk dihindari di masa pendemi seperti ini. Ada beberapa tantangan yang perlu diantisipasi ketika bekerja dilakukan secara jarak jauh (remote)

November 16, 2020

Frustasi menjadi motivasi

Kemunduran dan kegagalan tidak akan lepas dari emosi negatif. Seorang yang baru saja kehilangan banyak uang, tertinggal dalam promosi karir, dikhianati atau gagal memenuhi target bisa merasa kecewa, frustasi dan bahkan marah

by
August 13, 2020

Kebiasaan Pemimpin yang Memperkuat Budaya Perusahaan

Banyak literatur menyebutkan bahwa kepemimpinan adalah faktor penting dalam membentuk budaya perusahaan. Pemimpin, apapun levelnya, adalah orang pertama yang akan dilihat pegawai terkait budaya yang mereka bawa pada perusahaan.

Arrow-up