Reading:
Mencetak Leader

Mencetak Leader

June 12, 2020

Siapa yang tidak kenal Gudeg Yu Djum, bisnis gudeg (makanan khas Jogja) yang cabangnya ada di seantero Yogyakarta. Tahukah kalian kalau Gudeg Yu Djum ini berawal dari sebuah lapak sederhana di daerah Wijilan, dekat alun-alun utara. Dirintis sejak 1951 oleh Bu Djuwariyah alias Yu Djum itu sendiri.

Sudah lama bisnis gudeg ini ditinggal oleh sang pendiri, tapi eksistensinya semakin menjadi hingga kini. Kira-kira apa ya rahasianya?

Selain citra masakan yang khas dari masa ke masa, pasti ada kepemimpinan di balik manajemennya. Tanpa manajemen yang bagus tidak mungkin suatu usaha bisa tetap eksis dan menggurita. Disadari atau tidak, Yu Djum sang pendiri telah berhasil mencetak generasi yang mampu meneruskan bisnisnya.

Salah satu tugas besar, bisa jadi terbesar, seorang pemimpin adalah mencetak pemimpin. Semakin banyak pemimpin yang bisa dihasilkan, semakin besar peluang perusahaan tersebut untuk sukses dan sustainable. Dengan kata lain, indikator keberhasilan perusahaan salah satunya adalah mampu memproduksi pemimpin, dari dalam. Pertanyaan berikutnya, bagaimana supaya sebuah organisasi bisa menjadi pabrik pemimpin?

Setidaknya ada dua hal yang bisa dilakukan, ‘leader selection’ dan ‘leader development’. Seleksi pemimpin memungkinkan organisasi mengumpulkan calon-calon pemimpin potensial dalam satu wadah, istilah yang populer saat ini ‘talent pool’. Pemilihan kandidat bisa didasarkan pada kinerja, kesesuaian perilaku dengan budaya organisasi, serta kredibilitas dan integritas mereka.

Selanjutnya mereka yang terpilih kemudian dikembangkan secara tersistem. Selain melalui pelatihan-pelatihan tentunya, mereka bisa diberikan tugas-tugas yang hasilnya senantiasa dimonitor dan dievaluasi. Dari sana faktor keunggulan kandidat bisa lebih terpetakan. Selain itu, pemimpin satu level di atasnya harus meluangkan waktu untuk melakukan coaching, counseling, dan mentoring secara berkala. (Lw)

Disarikan dari:
Making the Giant Leap (Atmadja, 2010)



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

June 14, 2020

Visi Misi, Pentingkah?

Setiap organisasi, profit-non profit-pemerintahan, selalu memiliki visi misi. Entah visi misi tersebut dihayati atau sekedar pajangan dinding dan pelengkap AD ART, yang pasti keberadaannya cukup penting bagi sebuah organisasi.

September 2, 2020

Paradigma kepemimpinan masa depan

Setiap satu dekade ada perubahan paradigma kepemimpinan dalam dunia bisnis, kesiapan pemimpin dalam menangkap dan menerapkan paradigma tersebut menentukan keberhasilan organisasi survive menghadapi perubahan.

October 10, 2020

Supaya karyawan berdedikasi tinggi

Hampir tidak mungkin membuat karyawan tetap berdedikasi pada pekerjaan ketika tujuan tidak begitu jelas. Keterlibatan karyawan dalam penetapan tim akan meningkatkan keterikatan dan keterlibatan dalam pekerjaan.

by
Arrow-up