Reading:
Visi Misi, Pentingkah?

Visi Misi, Pentingkah?

June 14, 2020

Setiap organisasi, profit-non profit-pemerintahan, selalu memiliki visi misi. Entah visi misi tersebut dihayati atau sekedar pajangan dinding dan pelengkap AD ART, yang pasti keberadaannya cukup penting bagi sebuah organisasi.

Organisasi ibarat sebuah kendaraan, keberadaannya berfungsi untuk mencapai suatu tujuan. Organisasi non profit biasanya tujuan utamanya memberdayakan masyarakat, perusahaan didirikan untuk mengeksekusi sebuah peluang bisnis, nah tujuan-tujuan tersebut tertuang pada visi dan misi.

Secara umum ada dua fungsi visi dan misi, sebagai berikut:

  1. Sense of unity
    Visi misi menjadi penyatu yang mengikat insan dalam organisasi. Hal ini menjadi semacam pride dan identitas bagi mereka.
  2. Sense of direction
    Visi misi adalah landasan para eksekutif puncak mengarahkan anggota yang di bawahnya. Setiap keputusan dan kebijakan yang diambil didasarkan pada apa yang tertulis pada visi misi. Di sini visi misi ibarat sebuah peta dan kompas.

Jadi, ketika kalian merasakan kebingungan akan arah organisasi, cobalah untuk sekali lagi membaca visi misi yang ada. Meski sangat penting keberadaannya, visi misi sifatnya tidaklah kaku, ketika memang sudah tidak relevan tidak dosa untuk mengubahnya. (Lw)



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

June 11, 2020

Visionary Leader

Hampir di setiap perusahaan yang memiliki kinerja gemilang selalu ada sosok pemimpin visioner di baliknya. Mereka ini biasanya dikenal dan dikenang karena kemampuannya dalam membawa kemajuan bisnis.

July 28, 2020

Meniti Tangga Kepemimpinan

Bisa mengembangkan kapasitas dan menapaki tangga kepemimpinan adalah mimpi kebanyakan pegawai dalam meniti karir di sebuah organisasi. Maka tidak heran banyak dari mereka merasa jenuh ketika karirnya dirasa mentok

June 27, 2020

Shadowing

Ketika kecil mungkin kalian pernah diajak ibu memasak di dapur, atau diajak ayah memperbaiki suatu perkakas. Sebenarnya kehadiran kita saat itu tidak memengaruhi hasil, masakan akan tetap bisa dihidangkan tepat waktu dan perkakas akan tetap selesai diperbaiki meski tanpa adanya kita. Tapi kira-kira mengapa kita saat itu dilibatkan ?

Arrow-up