Reading:
Visi Misi, Pentingkah?

Visi Misi, Pentingkah?

June 14, 2020

Setiap organisasi, profit-non profit-pemerintahan, selalu memiliki visi misi. Entah visi misi tersebut dihayati atau sekedar pajangan dinding dan pelengkap AD ART, yang pasti keberadaannya cukup penting bagi sebuah organisasi.

Organisasi ibarat sebuah kendaraan, keberadaannya berfungsi untuk mencapai suatu tujuan. Organisasi non profit biasanya tujuan utamanya memberdayakan masyarakat, perusahaan didirikan untuk mengeksekusi sebuah peluang bisnis, nah tujuan-tujuan tersebut tertuang pada visi dan misi.

Secara umum ada dua fungsi visi dan misi, sebagai berikut:

  1. Sense of unity
    Visi misi menjadi penyatu yang mengikat insan dalam organisasi. Hal ini menjadi semacam pride dan identitas bagi mereka.
  2. Sense of direction
    Visi misi adalah landasan para eksekutif puncak mengarahkan anggota yang di bawahnya. Setiap keputusan dan kebijakan yang diambil didasarkan pada apa yang tertulis pada visi misi. Di sini visi misi ibarat sebuah peta dan kompas.

Jadi, ketika kalian merasakan kebingungan akan arah organisasi, cobalah untuk sekali lagi membaca visi misi yang ada. Meski sangat penting keberadaannya, visi misi sifatnya tidaklah kaku, ketika memang sudah tidak relevan tidak dosa untuk mengubahnya. (Lw)



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

September 2, 2020

Paradigma kepemimpinan masa depan

Setiap satu dekade ada perubahan paradigma kepemimpinan dalam dunia bisnis, kesiapan pemimpin dalam menangkap dan menerapkan paradigma tersebut menentukan keberhasilan organisasi survive menghadapi perubahan.

June 2, 2020

Belajar jadi Pemimpin Efektif, How?

Pepatah lama mengatakan, ketika sekumpulan kambing dipimpin oleh seekor harimau, maka kumpulan kambing tersebut akan menjadi segarang harimau. Kalau kata Nagabonar, seorang pengecut yang berprofesi sebagai copetpun akan turun ke medan laga dengan gagah berani ketika Jenderal Sudirman yang memimpin.

November 17, 2020

7 fase membangun bisnis

Bagaimana berhasil dalam bisnis, adalah pertanyaan besar bagi mereka yang mengawali sebuah usaha. Membangun usaha bisa diibaratkan lari marathon, tidak bisa cepat dan butuh konsistensi.

by
Arrow-up