Reading:
Kamu Bisa Menjadi Sumber Energi

Kamu Bisa Menjadi Sumber Energi

June 15, 2020

Kita semua tahu bahwa matahari merupakan pusat tata surya. Gravitasi matahari membuat planet dan benda-benda langit di sekelilingnya terus berevolusi. Di bumi tempat kita berpijak, matahari adalah energi utama kehidupan. Apa yang akan terjadi bila tiba-tiba matahari meredup dan padam? Planet-planet bertubrukan dan kehidupan lenyap dari semesta.

Pemimpin adalah matahari bagi yang dipimpinnya. Seperti dalam cerita sejarah, Gajah Mada adalah energi penggerak bagi Majapahit, kerajaan di pedalaman Jawa bagian timur, dalam usahanya menguasai wilayah nusantara.

Dalam organisasi modernpun demikian, pemimpin memainkan peran kunci dalam terciptanya energi organisasi. Dalam perusahaan, energi tersebut bisa berupa ide-ide bisnis, etos kerja dan nilai-nilai kunci. Lalu, bagaimana supaya energi dari pemimpin dapat tersalurkan? Ada dua kata kunci, komunikasi dan kontrol.

  1. Komunikasi
    Ide hanya akan menjadi milik sendiri apabila tidak disampaikan. Pemimpin perlu secara konsisten mengomunikasikan ide dan nilai yang dia bawa. Penyampaiannya perlu dilakukan secara konsisten dan masif, melalui rapat-rapat eksekutif, melalui obrolan santai sambil ngopi, dan tak lupa memaksimalkan penggunaan media. Tujuannya supaya setiap insan organisasi mendapat pemahaman secara holistik. Ingat, organisasi bergerak melalui banyak kaki, perlu dipastikan semua kaki bergerak selaras berdasarkan ide dan nilai yang sama.
  2. Kontrol
    Tahu dan paham saja tidak menjadi jaminan sebuah ide benar-benar dijalankan, sebuah nilai benar-benar diterapkan. Masih diperlukan adanya sistem untuk mengontrol. Reward dan punishment perlu diterapkan, tanpa pandang bulu sehingga ide dan nilai dari si pemimpin benar-benar diterapkan. Korupsi dalam organisasi sering terjadi bukan karena si pelaku tidak tahu kalau hal itu dilarang, tapi lebih karena lemahnya sistem kontrol dan pengawasan.

Pemimpin di sini tidak hanya mengacu pada eksekutif puncak organisasi, setiap kalian adalah pemimpin di level masing-masing. Mulailah dari diri sendiri, dari hal paling kecil, untuk memunculkan energi yang menggerakkan diri mencapai prestasi terbaik. (Lw)



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

June 11, 2020

Visionary Leader

Hampir di setiap perusahaan yang memiliki kinerja gemilang selalu ada sosok pemimpin visioner di baliknya. Mereka ini biasanya dikenal dan dikenang karena kemampuannya dalam membawa kemajuan bisnis.

October 15, 2020

Visionary leader juga bisa gagal?

Seorang pemimpin yang visioner (visionary leader) secara umum dianggap sebagai kunci keberhasilan perubahan strategis sebuah perusahaan. Anggapan ini tidak salah namun tidak sepenuhnya benar

by
June 12, 2020

Mencetak Leader

Siapa yang tidak kenal Gudeg Yu Djum, bisnis gudeg (makanan khas Jogja) yang cabangnya ada di seantero Yogyakarta. Tahukah kalian kalau Gudeg Yu Djum ini berawal dari sebuah lapak sederhana di daerah Wijilan, dekat alun-alun utara. Dirintis sejak 1951 oleh Bu Djuwariyah alias Yu Djum itu sendiri.

Arrow-up