Reading:
Team Chemistry

Team Chemistry

June 16, 2020

Lebih nyaman mana, bekerja dengan orang baru dikenal atau teman lama? Apabila mereka secara kompetensi sama, sebagian besar dari kita akan memilih bekerja dengan teman yang sudah dikenal. Kenapa? Salah satu alasannya adalah ‘chemistry’.

Chemistry adalah aspek penting yang perlu diperhatikan dalam membangun tim solid. Ketika antar anggota dalam tim kerja sudah terbangun chemistry-nya, saling nyaman satu sama lain, konflik lebih minim terjadi. Kalaupun terjadi kesalahpahaman peluang menyelesaikannya akan lebih mudah. Chemistry ibarat pelumas pada mesin, keberadaannya meminimalisasi terjadinya friksi.

Bagaimana cara membangun chemistry tersebut pada sebuah tim kerja ? Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan, sebagai berikut :

  1. Shared values
    Adalah bagus ketika anggota tim heterogen secara hard kompetensi, tapi akan sangat berbahaya apabila heterogen dalam hal nilai yang diyakini. Sebaiknya sebuah tim memiliki satu nilai yang sama, yang diyakini dan diterapkan bersama. Adalah tugas ketua tim, atasan atau anggota senior, untuk secara konsisten membagikan nilai-nilai yang diyakini kepada setiap anggota baru.
  2. Aktivitas bersama
    Chemistry semakin kuat seiring banyaknya aktivitas yang dilakukan bersama-sama. Tidak harus melulu tentang pekerjaan, sesekali cobalah melakukan refreshing atau kegiatan sosial bersama di jeda padatnya jadwal dan deadline kerja.

Membangun tim layaknya membangun hubungan dengan orang terkasih, yang penting dan utama adalah bagaimana supaya chemistry bisa terjadi. (Lw)



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

August 11, 2020

Building remote team

Building team ketika posisi anggota terpisah oleh jarak memiliki tantangan yang berbeda. Ketika anggota hanya terpisah oleh bilik penyekat layaknya di kantor interaksi bisa terjadi kapanpun, pada saat bosan mengerjakan deadline, saat istirahat makan

July 3, 2020

Antusiasme Tim

Kalian pernah dengar Jember Fashion Carnaval (JFC), sebuah even pameran busana di sebuah kota di timur Pulau Jawa yang sudah mendunia. Even ini digagas oleh Alm. Dynand Fariz dan timnya di awal 2000-an, mulanya hanya even level kota kabupaten tapi hanya dalam 10 tahun sudah mampu menyedot perhatian internasional

June 30, 2020

Membangun Kedekatan Tim

Nyaman ndak sih berada dalam tim yang antar anggotanya saling menjaga jarak, pastinya tidak. Bekerja itu tak beda dengan mendaki gunung, secapek apapun rasanya kalau dengan rekan yang tepat pasti tetap akan terasa membahagiakan.

Arrow-up