Reading:
Antusiasme Tim

Antusiasme Tim

July 3, 2020

Kalian pernah dengar Jember Fashion Carnaval (JFC), sebuah even pameran busana di sebuah kota di timur Pulau Jawa yang sudah mendunia. Even ini digagas oleh Alm. Dynand Fariz dan timnya di awal 2000-an, mulanya hanya even level kota kabupaten tapi hanya dalam 10 tahun sudah mampu menyedot perhatian internasional.

Apa kira-kira yang membuat even tersebut berkembang begitu pesat? Yang awalnya hanya diikuti oleh warga lokal Jember sampai akhirnya banyak artis dan seniman ibu kota bahkan internasional berbondong-bondong terlibat di dalamnya. Jawabannya adalah antusiasme. Nampaknya sang penggagas dan timnya (termasuk peserta dan semua pihak terkait) benar-benar serius mengembangkan even tersebut hingga akhirnya sebesar sekarang.

Seperti kata Ralph W. Emerson, bahwa karya besar tak akan pernah terwujud tanpa antusiasme. Bukankah banyak perusahaan besar dirintis dari kecil, antusiasme orang-orang di dalamnya yang akhirnya membawa menjadi besar. Antusiasme tim adalah salah satu kunci utama setiap keberhasilan.

Anggota tim yang antusias memiliki semangat kerja yang tinggi. Jadi, bagaimana supaya memiliki tim yang memiliki antusiasme tinggi? Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang antusiasme tim.

  1. Antusiasme karena pilihan
    Sikap adalah sebuah pilihan, begitu pula antusiasme. Antusiasme tidak bergantung pada keadaan, seorang yang antusias pada satu hal akan mampu menjaga optimisme dan sikap positif.
  2. Muncul karena tindakan
    Seorang yang antusias tidak menunggu datangnya motivasi baru kemudian bertindak, tapi tidak tindakan yang mereka ambilah yang justru akhirnya menguatkan motivasi. Ketakutan dan kekhawatiran hanya bisa dikalahkan dengan tindakan.
  3. Dapat ditingkatkan
    Antusiasme itu menular, jadi bekerja di dalam tim yang orang-orangnya antusias akan sangat membantu meningkatkan antusiasme kalian. Atau sebaliknya, sebarkan antusiasme kalian untuk mendorong orang-orang di dalam tim.

Ketika semua orang di dalam tim bersikap antusias, tim tersebut memiliki peluang tak terhingga untuk terus bertumbuh. Ingat, setiap orang bisa berhasil di segala bidang dengan antusiasme, begitu pula tim. (Lw)



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

June 16, 2020

Team Chemistry

Lebih nyaman mana, bekerja dengan orang baru dikenal atau teman lama? Apabila mereka secara kompetensi sama, sebagian besar dari kita akan memilih bekerja dengan teman yang sudah dikenal. Kenapa? Salah satu alasannya adalah 'chemistry'.

June 30, 2020

Membangun Kedekatan Tim

Nyaman ndak sih berada dalam tim yang antar anggotanya saling menjaga jarak, pastinya tidak. Bekerja itu tak beda dengan mendaki gunung, secapek apapun rasanya kalau dengan rekan yang tepat pasti tetap akan terasa membahagiakan.

June 13, 2020

1+1=…?

Secara matematika sains, 1+1=2, 1+1+1=3, dan 1+1+1+1=4. Pelajaran ini telah kita dapat sejak duduk di bangku sekolah dasar dulu. Tapi dalam matematika sosial penjumlahan tersebut tidak selalu seperti itu, 1+1 bisa sama dengan 0, bisa sama dengan 3, bisa sama dengan 10

Arrow-up