Reading:
Bergerak dengan Tujuan

Bergerak dengan Tujuan

July 5, 2020

Mendaki gunung itu melelahkan, semua setuju ya. Tapi mengapa semakin ke sini jumlah pendaki semakin menjadi? Bahkan tidak sedikit kelompok pecinta alam yang terobsesi memberangkan anggotanya mencapai 7 puncak tertinggi dunia.

Mereka tentu sangat paham bahwa gunung adalah tempat berbahaya, tidak sedikit nyawa yang telah hilang di sana. Tapi tujuan untuk mencapai puncak menjadi penyemangat yang terus menggerakkan kaki untuk terus melangkah. Begitu pula di organisasi, ketika tujuan sangat jelas meski muncul berbagai halangan orang-orang di dalamnya akan terus bergerak sampai tujuan tersebut tercapai.

Bergerak dengan tujuan membuat setiap langkah yang diambil menjadi begitu bermakna. Jika kita berada dalam organisasi atau tim, pertama yang harus dicari tahu adalah tujuan utama yang hendak dicapai. Tanpa tujuan yang jelas kejenuhan akan mudah menghampiri. Tujuan membuat setiap orang di dalam organisasi bisa berkonsentrasi melakukan tindakan yang benar (sesuai visi misi) secara konsisten.

Untuk bisa bergerak dengan tujuan, berikut alternatif hal-hal yang bisa dilakukan:

  1. Buatlah tujuan jelas
    Ada banyak alasan untuk berhenti, tapi garis finish yang ingin dicapai cukup menjadi alasan untuk memaksa diri terus berlari. Tujuan seperti peta dan kompas yang mampu mengarahkan supaya kita tidak terombang-ambing di tengah lautan kebimbangan.
  2. Kenali diri
    Kenali apa potensi atau kelebihan yang ada dalam diri, setelah ketemu fokuslah untuk terus mengembangkankannya. Apabila kita di dalam tim, kira-kira apa yang akan menjadi pembeda kita dari anggota lainnya. Sediakan lebih banyak waktu untuk mengasahnya daripada waktu untuk mengasah kemampuan umum lain yang perlu dikuasai. Nilai lebih yang kita miliki akan menjadi nilai tambah bagi tim nantinya.
  3. Fokuslah pada prestasi jangka panjang
    Tetap lakukan hal terbaik untuk menyelesaikan permasalahan hari ini, tapi jangan sampai hilang fokus pada tujuan besar yang ingin dicapai. Ibarat mendaki, kita harus selalu sigap melewati jalan curam yang ada di depan tapi puncak tetaplah menjadi fokus utama.

Dalam hidup kita memiliki banyak pilihan, dan tujuan membantu menentukan apa yang harus diprioritaskan. (Lw)



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

June 2, 2020

Monitoring Kinerja kala WFH

Pendemi kali ini memang merubah banyak tatanan dalam kehidupan. Dalam dunia bisnis yang paling terlihat adalah perubahan pada sistem kerja dimana WFH menjadi sebuah kebutuhan.

November 17, 2020

Menjadi berani

Iphone terbaru baru saja diluncurkan, dan seperti biasa banyak orang rela mengantri untuk mendapatkan gadget canggih tersebut. Apple dengan berbagai produk inovatifnya sampai kini masih begitu lekat dengan sosok Steve Job, meski sang pendiri sudah lama tiada

by
June 5, 2020

Kualitas Pribadi yang Didamba Organisasi (2)

Menurut teori locus of control (loc) manusia dibedakan menjadi dua, eksternal loc dan internal loc. Jika kamu merasa segala permasalahan hidup akibat sistem yang bermasalah, orang-orang sekitar yang berusaha menjegal dari belakang, norma masyarakat yang tidak jalan

Arrow-up