Reading:
Persiapan adalah Penentu

Persiapan adalah Penentu

July 6, 2020

Tahukah kalian bahwa kecelakaan di alam paling banyak disebabkan oleh faktor human error. Beberapa hal yang sering menjadi penyebab kecelakaan tersebut antara lain: tidak mempersiapkan fisik dengan baik, peralatan tidak standar, tidak mengenal medan, dan suplai makanan kurang. Hampir semua hal tersebut berpangkal di fase persiapan yang kurang maksimal.

Demikian juga dalam berorganisasi, kegagalan atau tidak tercapainya target lebih banyak terjadi karena faktor internal. Cara mengelola organisasi yang kurang baik, integritas yang rendah dan kurangnya kapabilitas SDM adalah beberapa faktor tersebut.

Jadi, jika saat ini kalian berada dalam tim di sebuah organisasi sebaiknya selalu mempersiapkan diri karena sewaktu-waktu tantangan bisa muncul menghampiri dan jika tidak siap organisasi bisa runtuh di tengah jalan.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan supaya kita bisa selalu siap membantu organisasi dalam menghadapi tantangan:

  1. Selalu evaluasi
    Jadwalkan untuk melakukan evaluasi, baik itu evaluasi tim maupun evaluasi diri. Misal mengagendakan seminggu sekali melakukan evaluasi kinerja tim, dan sebelum tidur melakukan evaluasi pribadi. Dari evaluasi kita bisa melihat dimana celah-celah yang masih menjadi kelemahan.
  2. Buat perencanaan
    Buat perencanaan perbaikan dari evaluasi yang telah dilakukan sebelumnya. Tidak perlu terlalu banyak, satu atau dua perencanaan sudah sangat cukup.
  3. Ambil tindakan
    Bersiap berarti bertindak, yaitu mengambil langkah pertama dari rencana yang telah kita tetapkan. Tindakan inilah kunci dari sebuah persiapan.

Melakukan persiapan sama dengan melakukan antisipasi sebelum sebuah bencana datang. Seperti ketika musim penghujan datang, kita tidak bisa mengontrol dan memastikan kapan hujan turun tapi kita bisa senantiasa menyiapkan payung dan pelampung. (Lw)



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

November 30, 2020

Supaya Tetap Fokus Bekerja

Apa kebiasaan kita di awal hari? Apakah mulai dari bangun, kemudian mencari gadget untuk mengecek email, scrolling-scrolling media sosial, dan tanpa terasa sudah menghabiskan waktu lebih dari 30 menit atau lebih untuk hal itu.

by
October 26, 2020

7 menit untuk mengubah hari

Hanya butuh waktu 7 menit untuk mengubah bagaimana kita menjalani hari. Jika melakukan kebiasaan sederhana ini produktivitas, sikap, dan kesehatan mental kita bisa ditingkatkan.

by
October 13, 2020

Menghadapi perubahan

Pernahkah kamu merasakan perubahan di perusahaan, kemudian diam-diam berucap dalam hati, “ini seharusnya tidak terjadi”.

by
Arrow-up