Reading:
Menjaga Peforma Anggota kala WFH

Menjaga Peforma Anggota kala WFH

July 23, 2020

Di awal WFH banyak manajer yang berpikir bahwa bekerja jarak jauh hanya akan berlangsung beberapa saat saja. Nyatanya sudah hampir lima bulan berjalan ternyata kondisi belum kembali seperti semula. Pendemi yang ada saat ini memaksa para pelaku bisnis melakukan adaptasi besar-besaran. Kendala yang umum dialami para manajer dan pemimpin bisnis adalah menjaga peforma anggota selama bekerja hanya bisa tatap muka via daring.

Beberapa hal ini bisa menjadi referensi manajer dan pemimpin bisnis untuk menjaga peforma anggota selama WFH.

  1. Tinjau ulang ekspektasi
    Cobalah lihat ke belakang, apa yang kita harapkan dari masing-masing anggota tim. Jika selama ini hal tersebut kurang didapat, lakukan evaluasi pribadi. Jangan-jangan ekspektasi tersebut kurang terkomunikasikan dengan baik sehingga terjadi perbedaan paham yang berpengaruh pada peforma yang ditampilkan anggota. Jika setelah dievaluasi ternyata komunikasi bukanlah masalah, atau dengan kata lain peforma mereka memang di bawah ekspektasi (mungkin karena kurangnya pengalaman, keterampilan, dan ketajaman bisnis), maka sebaiknya ekspektasi tersebut diturunkan. Biarkan mereka bekerja dengan kemampuan maksimum yang ada sambil terus diberikan coaching untuk meningkatkan kemampuan tersebut.
  2. Pahami lebih mendalam
    Penting untuk mengetahui apa tujuan mereka berada di dalam tim, apa yang memotivasi, dan apa yang akan menghambat mereka. Lebih jauh lagi cobalah kita cari tahu tentang keluarga, hobi, dan pencapaian mereka sebelumnya. Dengan demikian kita bisa lebih objektif menilai peforma yang ada. Tidak ada salahnya juga kita yang menyesuaikan ekspektasi kita dengan cara kerja mereka, ada beberapa orang yang lebih nyaman bekerja dengan target, sedangkan yang lain berpatokan dengan waktu kerja normal.
  3. Berikan feedback secara rutin
    WFH membuat kita tidak bekerja secara tatap muka di ruang yang sama seperti biasa, namun bukan berarti feedback atau evaluasi menjadi berkurang dari sebelumnya. Terkadang beberapa orang merasa ragu-ragu menilai diri mereka terkait mana yang salah atau yang sudah benar. Feedback menjadikan kedua hal tersebut lebih jelas.
  4. Bantu mereka meningkatkan performa
    Hal ini bisa dilakukan dengan menuntun mereka lewat pertanyaan-pertanyaan, sebisa mungkin biarkan mereka menemukan sendiri apa yang harus diperbaiki. Kepuasan yang mereka rasakan akan berbeda ketika kesalahan atau kekurangan ditemukan sendiri dibanding ketika diberitahu secara langsung. Kebanyakan manajer mudah tergoda untuk memberikan evaluasi langsung, alih-alih menuntun anggotanya menemukan sendiri apa-apa yang harus diperbaiki.
  5. Jaga hubungan untuk selalu dekat
    Banyak media daring yang bisa kita maksimalkan penggunaannya untuk menjaga kedekatan dengan anggota tim. Kedekatan secara personal membuat mereka tetap menjaga peforma, karena mereka merasa dipercaya. Tugas manajer atau pimpinan adalah menjaga hubungan tetap dekat. Berkabar secara terjadwal bisa menjadi alternatif.

Tidak mudah memang bekerja secara jarak jauh, apalagi ketika ada anggota yang memiliki peforma di bawah rata-rata. Tapi dengan menerapkan beberapa tips di atas setidaknya akan menguatkan komitmen anggota untuk perlahan meningkatkan peforma. Kedekatan personal antara atasan dan anggota adalah kuncinya.



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

June 21, 2020

Tentang Komitmen

Apa yang kalian rasakan ketika salah satu anggota tim tiba-tiba 'menghilang'. Kesal, marah, atau bisa saja, yang pasti hal ini akan berefek pada kinerja tim. Tim kerja tidak ada bedanya dengan kesebelasan sepak bola, ketika satu pemain hilang maka akan ada pemain lain yang harus bekerja ekstra sebagai langkah back up

June 4, 2020

Kualitas Pribadi yang Didamba Organisasi (1)

Sering ditemui, dimana seorang jebolan perusahaan tertentu begitu mudah mendapatkan pekerjaan di tempat lain. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sudah mendapat tawaran ketika masih menduduki posisi di tempat lama, alias di bajak. Dalam kasus lain, ada karyawan yang akan tetap dipertahankan perusahaan meski bisnis sedang tidak bagus.

June 3, 2020

Menjaga Motivasi

Bekerja dalam tim yang terpisah oleh jarak menjadi tantangan tersendiri bagi para pelakunya. Contohnya mereka yang tergabung dalam riset antar negara, atau tim penjualan yang terpisah antar daerah.

Arrow-up