Reading:
Budaya yang Mengembangkan

Budaya yang Mengembangkan

July 26, 2020

Setiap perintis organisasi berkeinginan supaya organisasinya memiliki reputasi baik, sehingga banyak orang tertarik untuk meniti karir dan mengembangkan diri di dalamnya. Rata-rata organisasi yang sudah besar sudah memiliki reputasi tersebut, bahkan tanpa harus melakukan promosipun para pencari kerja akan sangat tertarik untuk bergabung. Jadi sebaiknya darimana mulai membangun reputasi tersebut?

Membangun reputasi organisasi dimulai dengan membentuk culture. Organisasi bisa menjadi besar dan berkelanjutan rata-rata didukung oleh culture yang kuat, dan tentu saja orang-orang yang berkomitmen pada culture tersebut. Beberapa culture organisasi besar yang bisa diadopsi untuk organisasi yang sedang bertumbuh antara lain:

  1. Menciptakan peluang bertumbuh
    Para pemimpin puncak membuka peluang seluas-luasnya bagi siapapun yang ingin mengembangkan diri dan mencapai puncak karir. Biasanya ada budaya meritokrasi, yaitu siapa yang bersungguh-sungguh dia yang akan mendapatkan lebih. Sehingga sangat mungkin seorang junior bisa menyalip senior-seniornya dalam hal tangga karir.
  2. Prioritas pada pelatihan dan pengembangan individu.
    Organisasi memiliki banyak program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan soft skill dan hard skill pegawai di setiap jenjang.
  3. Memprioritaskan engagement pegawai.
    Organisasi hanya bisa maju bila tingkat turnover pegawai rendah. Jadi sangat penting mengikat pegawai supaya bisa betah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat lingkungan kerja yang nyaman dan aman.

Kata kuncinya adalah prioritas pada pengembangan kapasitas dan peluang bagi orang-orang di dalamnya untuk berkembang.



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

June 7, 2020

Kredibilitas adalah Kunci

Pernahkah kalian merasakan susah sekali mendapat kepercayaan? Emm, atau di posisi tertentu rasanya kurang dianggap gitu. Kalau pernah atau sedang merasakan hal tersebut, ayo memulai untuk memperbaiki. Mulai dari mana?

August 24, 2020

Aspek penting dalam membangun budaya organisasi

Saat ini pemimpin bisnis semakin menyadari pentingnya menjaga budaya organisasi. Budaya secara fisik tidak nampak namun bisa dirasakan oleh setiap orang yang ada di dalam perusahaan. Nyaman tidaknya karyawan sangat bergantung pada budaya yang telah terbentuk.

June 10, 2020

Giant Leap Organization

Setiap perusahaan dibangun dengan satu cita-cita, menjadi besar dan berkelanjutan. Meski begitu tidak banyak yang mampu mewujudkan mimpi luhur tersebut. Ada banyak hal yang menjadi penentu memang, seperti strategi bisnis, struktur, tools manajemen, sistem, dan SDM.

Arrow-up