Reading:
Membangun budaya kerja positif pada tim yang bekerja jarak jauh

Membangun budaya kerja positif pada tim yang bekerja jarak jauh

August 5, 2020

Bekerja jarak jauh adalah keniscayaan untuk dihindari di masa pendemi seperti ini. Ada beberapa tantangan yang perlu diantisipasi ketika bekerja dilakukan secara jarak jauh (remote). Selama bekerja secara normal di kantor, ada momen-momen santai yang bisa digunakan untuk sharing pengetahuan, tentu hal tersebut tidak ada lagi ketika bekerja jarak jauh. Hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah integrasi budaya organisasi, karena faktor ini cukup berpengaruh pada moral dan motivasi. Bukan tidak mungkin ketika dua hal itu terganggu produktivitas bisa menurun.

Bekerja jarak jauh juga membuat beberapa orang merasa kesepian karena merasa tidak mendapat suport langsung dari tim dan organisasi. Oleh karena itu penting bagi pemimpin organisasi untuk membangun dan menjaga budaya kerja positif selama kerja jarak jauh. Beberapa hal ini bisa coba diaplikasikan untuk membangun dan menjaga bekerja dalam tim tetap positif:

  1. Sampaikan bahwa mereka berharga
    Salah satu alasan turunnya motivasi adalah ketika seorang merasa tidak berguna dalam tim. Meskipun jarak memisahkan usahakan untuk terus menekankan pada semua anggota tim bahwa mereka sangat berharga. Tanamkan pada kesadaran mereka bahwa maju tidaknya organisasi sangat bergantung pada mereka, sehingga sekecil apapun kontribusi akan tetap berharga di bagi organisasi.
  2. Ciptakan saling ketergantungan
    Tidak semua masalah harus diselesaikan secara top down, penyelesaian masalah justru akan lebih cepat ketika anggota berkonsultasi pada rekan sejawatnya. Buatlah supaya antar anggota bisa saling berkonsultasi secara terbuka ketika ada permasalahan, seminimal mungkin kurangi peran manajer atau atasan dalam penyelesaian masalah. Ketika hal itu sudah menjadi kebiasaan, gerak tim akan lebih lincah.
  3. Libatkan dalam pengambilan keputusan
    Ketika mengambil suatu keputusan sesekali libatkanlah anggota. Tidak melulu harus keputusan besar, mulai saja dari hal-hal kecil. Misalnya penentuan waktu untuk rapat secara daring, biarkan mereka menjadwalkan rapat sesuai waktu jeda ternyaman yang mereka inginkan. Hal remeh semacam ini bisa menjaga semangat positif mereka daripada menuntut mereka untuk mengikuti waktu rapat yang selalu ditentukan atasan.
  4. Maksimalkan media sosial
    Bekerja jarak jauh membuat interaksi informal yang biasa terjadi di kantor menjadi berkurang drastis. Oleh karenanya untuk tetap menjaga kedekatan maksimalkan melalui media sosial yang ada. Hal kecil yang bisa dilakukan, memberi apresiasi positif ketika ada anggota yang mengunggah foto bahagia mereka. Pastikan afeksi tidak berkurang meski jarak memisahkan. (Lw)


0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

August 24, 2020

Aspek penting dalam membangun budaya organisasi

Saat ini pemimpin bisnis semakin menyadari pentingnya menjaga budaya organisasi. Budaya secara fisik tidak nampak namun bisa dirasakan oleh setiap orang yang ada di dalam perusahaan. Nyaman tidaknya karyawan sangat bergantung pada budaya yang telah terbentuk.

August 11, 2020

Building remote team

Building team ketika posisi anggota terpisah oleh jarak memiliki tantangan yang berbeda. Ketika anggota hanya terpisah oleh bilik penyekat layaknya di kantor interaksi bisa terjadi kapanpun, pada saat bosan mengerjakan deadline, saat istirahat makan

June 30, 2020

Membangun Kedekatan Tim

Nyaman ndak sih berada dalam tim yang antar anggotanya saling menjaga jarak, pastinya tidak. Bekerja itu tak beda dengan mendaki gunung, secapek apapun rasanya kalau dengan rekan yang tepat pasti tetap akan terasa membahagiakan.

Arrow-up