Reading:
Aspek penting dalam membangun budaya organisasi

Aspek penting dalam membangun budaya organisasi

August 24, 2020

Saat ini pemimpin bisnis semakin menyadari pentingnya menjaga budaya organisasi. Budaya secara fisik tidak nampak namun bisa dirasakan oleh setiap orang yang ada di dalam perusahaan. Nyaman tidaknya karyawan sangat bergantung pada budaya yang telah terbentuk. Dengan sengaja dibentuk atau tidak, budaya akan tetap terbentuk dan mempengaruhi lingkungan kerja. Ketika yang terbentuk adalah budaya positif maka akan mendorong semangat kerja karyawan, dan jika yang terbentuk adalah budaya negatif maka kejenuhan dan stres adalah yang akan dirasakan para karyawan. Sederhananya budaya menciptakan vibrasi yang berpengaruh langsung pada mental karyawan.

Budaya menetukan bagaimana karyawan diperlakukan, suatu layanan dibuat, kemitraan dibangun, termasuk bagaimana karyawan menyelesaikan pekerjaannya. Budaya perusahaan seperti udara, meski tidak semua menyadari keberadaannya tapi adanya sangat memengarungi bagaiamana orang di dalam perusahaan berinteraksi dan bekerja. Oleh karenanya penting bagi perusahaan untuk merancang dan membangun budaya organisasinya.

Berikut delapan aspek yang perlu diperhatikan ketika membangun budaya organisasi:

Perusahaan dipandang positif

Seperti keluarga di rumah, budaya hendaknya dibangun dengan semangat kekeluargaan sehingga karyawan merasa menemukan keluarga ketika bekerja. Ketika tempat kerja serasa rumah maka kenyaman yang akan didapatkan oleh karyawan.

Melegitimasi tujuan perusahaan

Budaya hendaknya dibangun dengan berdasar pada visi misi perusahaan. Tujuannya supaya karyawan terkoneksi dengan visi misi tersebut. Ketika karyawan sudah merasa terkoneksi dengan visi misi organisasi, mereka cenderung memberikan peforma terbainya, mereka bekerja tidak semata karena terpaksa, mereka melakukan yang terbaik atas kesadaran pribadi.

Penghargaan pada karyawan

Di lingkungan kerja setiap orang ingin dihargai. Itu berarti pekerjaan mereka dihargai, keberadaan mereka diakui, ide mereka didengarkan, dan mereka mendapat kompensasi ketika berprestasi.

Karyawan merasa menjadi bagian dari tim

Seperti tim sepakbola, karyawan perlu dijelaskan apa tanggung jawab utama mereka. Sehingga tercipta hubungan saling mendukung satu sama lain. Namun di sisi lain karyawan juga perlu ditunutut untuk serba bisa, sehingga mereka bisa ditempatkan di segala posisi dalam perusahan.

Munculnya referensi dari karyawan

Ketika menemukan sesuatu yang bagus pada umumnya kita akan bersemangat membaginya ke teman dan keluarga, semisal ketika menemukan rumah makan enak, bioskop bagus, dll. Demikian juga tempat kerja, ketika budaya organisasi di dalamnya bagus maka dengan otomatis karyawan akan mereferensikan pada teman dan keluarga untuk bekerja di tempat yang sama dengan mereka. Tentu saja ini berefek positif pada image perusahaan di mata publik.

Mengargai keberagaman dan inklusi

Organisasi yang baik akan mampu menyatukan orang dari berbagai latar belakang, agama, ras, dan generasi. Mereka didorong untuk bekerja sama dengan baik dalam lingkungan yang inklusif, dimana setiap karyawan bebas untuk menjadi diri sendiri dengan sudut pandang masing-masing.

Keadilan untuk karyawan

Keadilan berarti memberikan penghargaan dan hukuman tanpa pandang bulu atas apa yang dilakukan karyawan dari segala posisi. Pengakuan dan penghargaan diberikan kepada mereka yang mampu menunjukan prestasi dan hukuman (peringatan) diberikan kepada yang tidak mampu menunjukan peforma standar mereka.

Eksekutif dan manajer adalah mentor

Budaya dibangun dengan menekankan pada fungsi pembelajaran, dimana manajer dan eksekutif adalah mentor yang bertanggung jawab pada kemajuan anak buahnya. Dengan budaya seperti ini mereka yang menjadi atasan tidak cenderung hanya menyuruh dan menuntut, mereka juga merasa bertanggung jawab untuk mengembangkan anggotanya.

Referensi: Inc.com



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

August 13, 2020

Kebiasaan Pemimpin yang Memperkuat Budaya Perusahaan

Banyak literatur menyebutkan bahwa kepemimpinan adalah faktor penting dalam membentuk budaya perusahaan. Pemimpin, apapun levelnya, adalah orang pertama yang akan dilihat pegawai terkait budaya yang mereka bawa pada perusahaan.

July 26, 2020

Budaya yang Mengembangkan

Setiap perintis organisasi berkeinginan supaya organisasinya memiliki reputasi baik, sehingga banyak orang tertarik untuk meniti karir dan mengembangkan diri di dalamnya.

August 17, 2020

Mendorong Karyawan Terlibat Membentuk Budaya Organisasi

Penting bagi perusahaan untuk mendorong karyawan terus produktif, salah satunya dengan membuat mereka selalu terhubung dengan budaya organisasi. Karyawan akan lebih merasa terikat dengan budaya organisasi ketika mereka turut terlibat dalam pembentukan budaya yang ada

Arrow-up