Reading:
Tips evaluasi kinerja di tahun pendemi

Tips evaluasi kinerja di tahun pendemi

September 1, 2020

Evaluasi kinerja adalah even yang biasa dilakukan di akhir tahun untuk mengetahui sejauh mana pencapaian yang telah diraih dan apa saja yang masih perlu diperbaiki dalam suatu periode kerja organisasi. Pada kesempatan tersebut manajer bisa memberikan penilaian pada setiap karyawannya. Biasanya para karyawan merasa khawatir ketika akan menghadapi evaluasi, bisa jadi karena menyadari ada target yang belum tercapai atau karena suatu kesalahan yang pernah dilakukan.

Namun dengan adanya pendemi di tahun 2020 ini mungkin proses evaluasi yang biasanya cukup menegangkan harus dilakukan dengan sedikit penyesuaian. Manajer sebaiknya lebih mengedepankan empati ketika melakukan evaluasi kinerja pada karyawannya. Alasannya sederhana, sudah terlalu banyak tekanan yang dirasakan karyawan selama bekerja di masa pendemi ini.

Berikut empat tips melakukan evaluasi kinerja yang mengedepankan empati:

Gunakan momen evaluasi untuk lebih terhubung

Ketika melakukan evaluasi manajer biasanya menyampaikan penilaiannya kepada setiap karyawan, entah itu dilakukan di dalam forum atau bergantian satu demi satu. Selain menyampaikan penilaian ada baiknya manajer juga mendengarkan apa yang menjadi beban karyawan dalam bekerja. Beri ruang pada karyawan untuk menyampaikan ketakutan dan kehawatirannya di tahun pendemi ini, dengan begitu hubungan antara manajer dan karyawan akan terjalin lebih kuat. Selain itu karyawan juga akan lebih merasa bahagia karena mereka merasa didengarkan.  

Bantu karyawan melakukan persiapan

Salah satu wujud empati adalah dengan membantu karyawan mempersiapkan diri dalam menghadapi evaluasi kinerja. Manajer bisa mengirimkan email atau menyampaikan pada momen tertentu apa saja yang sebaiknya disiapkan. Sehingga mereka sudah lebih siap ketika harus dievaluasi kinerjanya. Bisa juga disampaikan kepada mereka apa saja yang diharapkan dari pihak manajer di momen evaluasi nantinya. Hal sederhana ini sangat bermanfaat supaya tidak terjadi salah paham antara ekspektasi manajer dan apa yang disiapkan karyawan.

Sesuaikan

Adalah suatu kewajaran jika pendemi membuat banyak rencana yang sudah dibuat di awal tahun tidak tereksekusi. Sehingga ketika melakukan evalusai tidak perlu terlalu berpegang pada rencana kerja di awal. Sebaiknya manajer turut mempertimbangkan bagaimana usaha para karyawan mengejar target selama masa pendemi ini. Jadi evaluasinya tetap dilakukan hanya saja standar yang digunakan agak diturunkan dari tahun sebelumnya.

Penghargaan untuk yang berprestasi

Meskipun dalam kondisi sulit mungkin ada beberapa karyawan yang tetap mampu memberikan performa terbaik. Gunakan momen evaluasi untuk mengakui pencapaian tersebut. Berikan penghargaan dan bonus, manajer sebaiknya juga memanfaatkan memomen evaluasi untuk mengenal mereka labih mendalam. Manajer bisa menanyakan dukungan seperti apa yang mereka butuhkan supaya prestasi yang ada bisa lebih ditingkatkan di tahun berikutnya.

Referensi: Inc.com



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

June 21, 2020

Tentang Komitmen

Apa yang kalian rasakan ketika salah satu anggota tim tiba-tiba 'menghilang'. Kesal, marah, atau bisa saja, yang pasti hal ini akan berefek pada kinerja tim. Tim kerja tidak ada bedanya dengan kesebelasan sepak bola, ketika satu pemain hilang maka akan ada pemain lain yang harus bekerja ekstra sebagai langkah back up

June 2, 2020

Monitoring Kinerja kala WFH

Pendemi kali ini memang merubah banyak tatanan dalam kehidupan. Dalam dunia bisnis yang paling terlihat adalah perubahan pada sistem kerja dimana WFH menjadi sebuah kebutuhan.

June 2, 2020

Menyesuaikan Ekspektasi Performansi di Tengah Pendemi

Setelah lebih dua bulan bekerja dari rumah, tidak sedikit individu merasakan kejenuhan. Kejenuhan membuat kita lebih mudah letih secara emosional dan mental. Dua hal ini justru akan menurunkan produktivitas tim.

Arrow-up