Reading:
Tips evaluasi kinerja di tahun pendemi

Tips evaluasi kinerja di tahun pendemi

September 1, 2020

Evaluasi kinerja adalah even yang biasa dilakukan di akhir tahun untuk mengetahui sejauh mana pencapaian yang telah diraih dan apa saja yang masih perlu diperbaiki dalam suatu periode kerja organisasi. Pada kesempatan tersebut manajer bisa memberikan penilaian pada setiap karyawannya. Biasanya para karyawan merasa khawatir ketika akan menghadapi evaluasi, bisa jadi karena menyadari ada target yang belum tercapai atau karena suatu kesalahan yang pernah dilakukan.

Namun dengan adanya pendemi di tahun 2020 ini mungkin proses evaluasi yang biasanya cukup menegangkan harus dilakukan dengan sedikit penyesuaian. Manajer sebaiknya lebih mengedepankan empati ketika melakukan evaluasi kinerja pada karyawannya. Alasannya sederhana, sudah terlalu banyak tekanan yang dirasakan karyawan selama bekerja di masa pendemi ini.

Berikut empat tips melakukan evaluasi kinerja yang mengedepankan empati:

Gunakan momen evaluasi untuk lebih terhubung

Ketika melakukan evaluasi manajer biasanya menyampaikan penilaiannya kepada setiap karyawan, entah itu dilakukan di dalam forum atau bergantian satu demi satu. Selain menyampaikan penilaian ada baiknya manajer juga mendengarkan apa yang menjadi beban karyawan dalam bekerja. Beri ruang pada karyawan untuk menyampaikan ketakutan dan kehawatirannya di tahun pendemi ini, dengan begitu hubungan antara manajer dan karyawan akan terjalin lebih kuat. Selain itu karyawan juga akan lebih merasa bahagia karena mereka merasa didengarkan.  

Bantu karyawan melakukan persiapan

Salah satu wujud empati adalah dengan membantu karyawan mempersiapkan diri dalam menghadapi evaluasi kinerja. Manajer bisa mengirimkan email atau menyampaikan pada momen tertentu apa saja yang sebaiknya disiapkan. Sehingga mereka sudah lebih siap ketika harus dievaluasi kinerjanya. Bisa juga disampaikan kepada mereka apa saja yang diharapkan dari pihak manajer di momen evaluasi nantinya. Hal sederhana ini sangat bermanfaat supaya tidak terjadi salah paham antara ekspektasi manajer dan apa yang disiapkan karyawan.

Sesuaikan

Adalah suatu kewajaran jika pendemi membuat banyak rencana yang sudah dibuat di awal tahun tidak tereksekusi. Sehingga ketika melakukan evalusai tidak perlu terlalu berpegang pada rencana kerja di awal. Sebaiknya manajer turut mempertimbangkan bagaimana usaha para karyawan mengejar target selama masa pendemi ini. Jadi evaluasinya tetap dilakukan hanya saja standar yang digunakan agak diturunkan dari tahun sebelumnya.

Penghargaan untuk yang berprestasi

Meskipun dalam kondisi sulit mungkin ada beberapa karyawan yang tetap mampu memberikan performa terbaik. Gunakan momen evaluasi untuk mengakui pencapaian tersebut. Berikan penghargaan dan bonus, manajer sebaiknya juga memanfaatkan memomen evaluasi untuk mengenal mereka labih mendalam. Manajer bisa menanyakan dukungan seperti apa yang mereka butuhkan supaya prestasi yang ada bisa lebih ditingkatkan di tahun berikutnya.

Referensi: Inc.com



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

October 21, 2020

Mengapa resign?

Tidak sedikit karyawan yang memanfaatkan waktu jedanya untuk bermain LinkedIn, diam-diam mencari peluang karir di tempat lain. Ada beberapa alasan mengapa seorang karyawan memutuskan untuk resign.

by
July 23, 2020

Menjaga Peforma Anggota kala WFH

Di awal WFH banyak manajer yang berpikir bahwa bekerja jarak jauh hanya akan berlangsung beberapa saat saja. Nyatanya sudah hampir lima bulan berjalan ternyata kondisi belum kembali seperti semula.

June 4, 2020

Kualitas Pribadi yang Didamba Organisasi (1)

Sering ditemui, dimana seorang jebolan perusahaan tertentu begitu mudah mendapatkan pekerjaan di tempat lain. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sudah mendapat tawaran ketika masih menduduki posisi di tempat lama, alias di bajak. Dalam kasus lain, ada karyawan yang akan tetap dipertahankan perusahaan meski bisnis sedang tidak bagus.

Arrow-up