Reading:
Komunikasi positif

Komunikasi positif

September 2, 2020

Situasi buruk sering kali terjadi dalam organisasi. Ketika itu terjadi coba menggunakan kata yang lebih positif untuk memperbaiki situasi. Kata positif memang tidak akan langsung menyelesaikan permasalahan namun dapat membantu mengubah persepsi lawan bicara kita. Berikut dua bahasa positif yang bisa dicoba ketika berkomunikasi dalam situasi-situasi sulit:

Gunakan kata ‘dan’ untuk mengganti kata ‘tetapi’

Ketika kita memberikan argumen positif dan mengakhiri dengan kata tetapi maka kalimat-kalimat di awal akan dilihat sebagai basa-basi saja oleh lawan bicara kita. Dalam memberikan umpan balik cobalah untuk mengganti kata tapi dengan kata dan. Kata dan sifatnya menambahkan, sehingga lawan bicara kita mendengar perkataan kita sebagai saran yang membangun. Sedangkan kata tapi membuat orang yang mendengarnya merasa sebagai pihak yang kalah, seakan dalam dirinya ada sesuatu yang salah.

Ubah kata ‘harus’ menjadi ‘bisa’

Cara lain untuk terlihat positif adalah dengan meminimalisasi penggunaan kata harus dan menggantinya dengan kata bisa. Kata harus terdengar kaku, karena berarti tidak ada ruang untuk diskusi atau penambahan ide baru. Sedangkan ketika menggunakan kata bisa maka lebih membuka kemungkinan adanya ide atau altenatif lain, dan tentunya membuka ruang untuk diskusi.

Referensi: Inc.com



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

September 2, 2020

Cara berkomunikasi yang menginspirasi

Ketika ada anggota yang tidak mampu mencapai target karena manajemen diri yang kurang baik adalah wajar ketika si pemimpin/ manajernya menjadi marah, lalu memberikan seribu nasehat yang harus dijalankan untuk perbaikan si karyawan.

June 15, 2020

Kamu Bisa Menjadi Sumber Energi

Kita semua tahu bahwa matahari merupakan pusat tata surya. Gravitasi matahari membuat planet dan benda-benda langit di sekelilingnya terus berevolusi. Di bumi tempat kita berpijak, matahari adalah energi utama kehidupan.

Arrow-up