Reading:
Paradigma kepemimpinan masa depan

Paradigma kepemimpinan masa depan

September 2, 2020

Setiap satu dekade ada perubahan paradigma kepemimpinan dalam dunia bisnis, kesiapan pemimpin dalam menangkap dan menerapkan paradigma tersebut  menentukan keberhasilan organisasi survive menghadapi perubahan.

Dalam buku Future Leader yang ditulis oleh Jacob Morgan, yang telah mewawancarai 140 CEO perusahaan global, terdapat pola pikir dan keterampilan yang apabila dipersiapkan akan menujang keberhasilan pemimpin dalam menyongsong masa depan organisasi.

Tiga paradigma kepemimpinan tersebut adalah:  

Melihat secara menyeluruh

Paradigma bisnis saat ini adalah memberikan pelayanan prima kepada pelanggan untuk mendapatkan profit sebesar mungkin. Cara pandang ini cukup untuk saat ini, namun tidak akan cukup untuk bisa bertahan di masa depan. Keberhasilan organisai bisnis di masa depan ditentukan oleh kemampuan pemimpin dalam melihat bisnis secara menyeluruh dari hulu ke hilir dari berbagai sudut pandang. Pemimpin dituntut mampu melayani semua pemangku kepentingan, mulai dari karyawan, pemegang saham, mitra dan pastinya pelanggan. Sehingga yang perlu diperjuangkan pemimpin adalah membawa kemenangan kolektif untuk semua pihak itu.

Menjunjung tinggi integritas

Menurut Michael Jansen, seorang profesor emiritius dari Harvard, integritas berpengaruh langsung pada kualitas pekerjaan seseorang. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk membangun tim yang memiliki integritas tinggi, hanya dengan mereka yang memegang teguh integritas keberhasilan di masa depan bisa diraih.

Menyelaraskan perkataan dengan tindakan

Pemimpin yang berhasil di masa depan adalah mereka yang tidak memiliki celah antara apa yang dikatakan dengan apa yang dilakukan. Tidak ada celah antara kedua hal tersebut menentukan seberapa efektif seorang pemimpin membawa perubahan.

Dengan mempersiapkan tiga hal di atas kita akan lebih siap menghadapi perubahan di masa depan. Dengan merenungkan dan memulai mengambil langkah akan menyiapkan kekuatan untuk memimpin masa depan.

Referensi: Inc.com



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

August 25, 2020

Mendefinisikan ulang arti manajer

Apa yang pertama kali terpikirkan ketika mendengar kata manajer? Definisi yang khas dari manajer adalah orang yang bertugas mengatur orang lain, dan terkadang dengan sedikit kebengisan yang membuat orang-orang merasa kecut dibuatnya.

by
September 28, 2020

3 elemen kepercayaan

Sebagai pemimpin dalam suatu organisasi pastinya menginginkan kepercayaan dari para anggotanya. Kepercayaan sangat menentukan bagaimana evaluasi pada si pemimpin, ketika tingkat kepercayaan tinggi evaluasi positif yang akan didapat dan

by
June 10, 2020

Giant Leap Organization

Setiap perusahaan dibangun dengan satu cita-cita, menjadi besar dan berkelanjutan. Meski begitu tidak banyak yang mampu mewujudkan mimpi luhur tersebut. Ada banyak hal yang menjadi penentu memang, seperti strategi bisnis, struktur, tools manajemen, sistem, dan SDM.

Arrow-up