Reading:
7 menit untuk mengubah hari

7 menit untuk mengubah hari

by admin
October 26, 2020

Hanya butuh waktu 7 menit untuk mengubah bagaimana kita menjalani hari. Jika melakukan kebiasaan sederhana ini produktivitas, sikap, dan kesehatan mental kita bisa ditingkatkan. Pendekatan ini seperti ketika kita akan menendang mengeksekusi penalty dalam bermain sepak bola, kita membuat perencanaan kearah mana bola akan diarahkan dan bagaimana kita akan menendangnya. Jadi bagaimana kita mengubah hari kita dengan 7 menit di pagi hari?

Persiapan yang perlu dilakukan. Pertama kita memerlukan tempat yang agak hening, misal saja di balkon atau dapur kantor. Intinya pilih tempat yang agak sepi sehingga pikiran bisa fokus dalam membuat perencanaan. Pastinya akan lebih baik jika kita bisa datang ke kantor lebih pagi. Kemudian siapkan pulpen dan kertas catatan, atau memanfaatkan notes di gawai juga bisa. Jangan lupa jam, bisa jam tangan atau jam gawai, ini untuk memastikan kita akan menyelesaikan ritual sederhana ini tidak lebih dari 7 menit saja.

Menit pertama, kosongkan pikiran. Untuk sementara waktu, di menit pertama, lepaskan diri dari berbagai tuntutan, deadline, utang, konflik dan segala hal yang membebani pikiran.Untuk sementara mengaktifkan mode pesawat gawai juga sangat disarankan, maklum media sosial biasanya sangat menggoda untuk dilihat di pagi hari. Intinya adalah kita mencoba menjernihkan pikiran terlebih dahulu sebelum memulai hari.

Menit kedua, tarik nafas dalam-dalam. Seperti kita akan melakukan sebuah pemanasan, tarik nafas dalam beberapa kali bisa membantu kita lebih konsentrasi. Menarik nafas secara dalam membuat otak kita lebih tenang dan fokus. Duduk saja degan tenang dan resapi setiap tarikan dan hembusan nafas.

Menit ketiga, mulai menulis atau menggambar. Kita mungkin sudah tidak asing dalam journaling, membuat catatan, ketika malam sebelum tidur, pagi setelah bangun atau setidaknya ketika mengikuti rapat. Tapi di sini kita tidak sekedar journaling, lebih dari itu kita mencoba menulis beberapa pikiran-pikiran yang muncul ketika sampai tempat kerja sebelum memulai tugas hari itu. Tidak harus menulis, kita juga bisa membuat coretan atau gambar-gambar untuk menerjemahkan apa yang ada di dalam otak. Dengan melakukan hal tersebut setelahnya kita bisa memilah mana yang perlu diprioritaskan dan apa saja yang membuat stres.  

Menit ketujuh, debrief. Setelah membuat beberapa catatan jangan lupa meluangkan satu menit di akhir untuk melakukan self-talk. Apa maksudnya? Hanya mencoba melihat kembali catatan yang ada, kemudian pikirkan mengapa. Jika sudah yakin dengan apa yang barusan dibuat, buat komitmen untuk segera menindaklanjuti.

Itu dia, kebiasaan 7 menit yang bisa merubah cara kita menghadapi hari. Tentu bisa dilakukan improvisasi sesuai kenyamanan dan kecocokan masing-masing. Never give up.

Referensi: Inc.com



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

December 8, 2020

Perilaku Curang itu Menular

Kecurangan bisa dilakukan oleh seorang karyawan yang awalnya dipandang memiliki kepribadian baik, apalagi di lingkungan dimana perilaku curang masih dianggap wajar dalam kadar tertentu.

by
November 30, 2020

Supaya Tetap Fokus Bekerja

Apa kebiasaan kita di awal hari? Apakah mulai dari bangun, kemudian mencari gadget untuk mengecek email, scrolling-scrolling media sosial, dan tanpa terasa sudah menghabiskan waktu lebih dari 30 menit atau lebih untuk hal itu.

by
August 23, 2020

Kebiasaan karyawan cerdas yang merugikan

Budi adalah siswa paling cerdas di sekolah, bisa dikatakan dia memiliki kecerdasan di atas rata-rata dengan beragam prestasi akademik yang pernah ditorehkan. Saat ini dia sedang meniti karir di sebuah perusahaan, ketika melihat sosial media (misal Linkedin) dia menemukan beberapa nama teman

Arrow-up