Reading:
Perilaku Curang itu Menular

Perilaku Curang itu Menular

by admin
December 8, 2020

Kecurangan bisa dilakukan oleh seorang karyawan yang awalnya dipandang memiliki kepribadian baik, apalagi di lingkungan dimana perilaku curang masih dianggap wajar dalam kadar tertentu. Memang ada pendapat yang menyebutkan bahwa karyawan baik akan mendorong karyawan lain menjadi baik, tapi pada kenyataannya jumlahnya lebih sedikit.

Profesor finance dari Nanyang Bussiness School, Stephen Dimmock bersama rekannya melakukan penelitan yang melibatkan para penasihat keuangan. Hasilnya, 37% subjek melakukan tindakan curang, berawal ketika bekerja bersama rekan yang memiliki jejak perilaku yang sama di masa lalu.

One bad apple, the saying goes, can ruin the bunch. So, too, with employees.

Jika sistem belum terbangun dengan kokoh dan kepemimpinan lemah, perilaku curang antar karyawan akan lebih mudah menular. Ini tentu memerlukan perhatian khusus, terutama untuk para manajer dan pimpinan, satu  karyawan berprilaku buruk bila dibiarkan akan menimbulkan kerugian besar bagi perusahaan. Jika tidak segera diintervensi budaya positif yang ada akan terkikis pelan-pelan dengan keberadaannya.

Penularan perilaku curang terjadi secara bertahap, dimulai dari interaksi informal sehari-hari. Mereka, antar karyawan dalam interaksinya saling observasi dan menyesuaikan. Lebih jauh, pada penelitian sebelumnya Demmock mengungkapkan bahwa pada karyawan yang memiliki kesamaan latar belakang penularan perilaku curang akan lebih besar pengaruhnya.

Dengan memahami dampak yang bisa timbulkan karyawan yang memiliki kecenderungan bertindak curang, seorang manajer sebaiknya melakukan antisipasi lebih dini untuk mencegah menyebarnya perilaku yang sama pada karyawan lain. Ketegasan serta sistem yang kuat diperlukan untuk mengikis penularannya.

Never give up!



0 Comments

Leave a Reply

Related Stories

September 1, 2020

Menghentikan kebiasaan jelek

Sering kita merasa terganggu karena kebiasaan jelek yang susah dihentikan. Kesulitan dalam mengubah kebiasaan dihadapi hampir setiap orang, atau setidaknya mereka pernah mengalami fase tersebut.

October 26, 2020

7 menit untuk mengubah hari

Hanya butuh waktu 7 menit untuk mengubah bagaimana kita menjalani hari. Jika melakukan kebiasaan sederhana ini produktivitas, sikap, dan kesehatan mental kita bisa ditingkatkan.

by
July 23, 2020

Tentang Resiliensi

Satu kejadian yang sama bisa dimaknai berbeda oleh orang berbeda. Umumnya orang akan meratapi sebuah kesulitan yang menyebabkan keterpurukan, namun tidak sedikit orang yang mampu mengambil makna dan menjadikan kejadian tersebut sebagai momentum untuk lebih berkembang.

Arrow-up